Senin, 05 November 2012

Tentang Aku

Aku adalah mahasiswa baru STIE Perbanas Surabaya.
Saya mengambil jurusan S1 Manajemen di sana.
Salam kenal \m/

BAB 10 MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI

·         Pentingnya memotivasi
Orang-orang bersedia bekerja dan bekerja keras, apabila mereka merasa bahwa pekerjaan mereka menghasilkan perbedaan yang dihargai. Orang-orang termotivasi oleh berbagai hal, seperti pengakuan, prestasi dan status. Penghargaan interistik adalah keputusan pribadi yang anda rasakan ketika anda bekerja dengan baik dan mencapai tujuan. Penghargaan eksteristik adalah suatu hal yang diberikan pada anda oleh orang lain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik.
·         Frederick Taylor: Bapak Manajemen Ilmiah
Cara untuk meningkatkan produktivitasnya pikir taylor adalah untuk secara ilmiah mempelajari cara yang paling efisien untuk melakukan hal-hal, menentukan satu cara terbaik untuk mengerjakan tiap tugas, dan kemudian mengajari orang-orang metode itu. Ini menjadi dikenal sebagai manajemen ilmiah. Studi gerakan waktu yang dikerjakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan setiap tugas. Prinsip ekonomi gerakan teori yang dikembangkan oleh frank dan lilian gibreth bahwa setiap pekerjaan dapat dipecah menjadi serangkaian gerakan dasar. 

  Strategi pengayaan pekerjaan untuk memotivasi
·         Pentingnya memotivasi
Orang-orang bersedia bekerja dan bekerja keras, apabila mereka merasa bahwa pekerjaan mereka menghasilkan perbedaan yang dihargai. Orang-orang termotivasi oleh berbagai hal, seperti pengakuan, prestasi dan status. Penghargaan interistik adalah keputusan pribadi yang anda rasakan ketika anda bekerja dengan baik dan mencapai tujuan. Penghargaan eksteristik adalah suatu hal yang diberikan pada anda oleh orang lain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik.
·         Frederick Taylor: Bapak Manajemen Ilmiah
Cara untuk meningkatkan produktivitasnya pikir taylor adalah untuk secara ilmiah mempelajari cara yang paling efisien untuk melakukan hal-hal, menentukan satu cara terbaik untuk mengerjakan tiap tugas, dan kemudian mengajari orang-orang metode itu. Ini menjadi dikenal sebagai manajemen ilmiah. Studi gerakan waktu yang dikerjakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan setiap tugas. Prinsip ekonomi gerakan teori yang dikembangkan oleh frank dan lilian gibreth bahwa setiap pekerjaan dapat dipecah menjadi serangkaian gerakan dasar.

ARTIKEL BAB 9: MEMPRODUKSI BARANG dan JASA KELAS DUNIA

Pengertian Produksi
Yaitu suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi
keluaran atau output.
Dalam arti sempit produksi adalah kjegiatan yang menghasilkan barang baik barang setengah jadi, barang jadi, barang industri, suku cadang, komponen penunjang.
Pengertian Manajemen Produksi
Pengertian manajemen produksi mencakup 3 unsur penting yaitu:
a. Adanya orang yang lebih dari satu
b. Adanya tujuan yang ingin dicapai
c. Orang yang bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan tersebut
Perkembangan Manajemen Produksi
Perkembangan manajemen produksi terjadi berkat dorongan beberapa faktor yang
menunjang yaitu :
a. Adanya pembagian kerja dan spesialisasi
b. Revolusi industri
c. Perkembangan alat dan teknologi (termasuk komputer)
d. Perkembangan ilmu dan metode kerja
 
·         Manufaktur Dan Desain Yang Dibantu Dengan Komputer
Desain yang dibantu dengan komputer merupakan penggunaan komputer dalam manufaktur produk. Manufaktur yang dibantu dengan komputer adalah penggunaan komputer dalam manufaktur produk. Sedangkan manufaktur yang diintegrasi oleh komputer merupakan penyatuan desain yang dibantu dengan komputer dengan manufaktur yang dibantu dengan komputer.
·         Perencanaan Manajemen Operasi
Perencanaan manajemen operasi melibatkan banyak isu yang sama, baik dalam sektor manufaktur maupun sektor jasa. Isu-isu ini meliputi lokasi fasilitas, tata ruang fasilitas, perencanaan persyaratan bahan, pembelian, pengendalian inventaris, dan kontrol kualitas. Sumbernya dapat berbeda tetapi tetap isu-isunya sama.
·         Standar ISO 9000 dan ISO 14000
Iso merupakan (International Organization for Standardization) adalh federasi badan standar nasional lingkup dunia lebih dari 140 negara yang menentukan ukuran global untuk kualitas produk individual. ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualitas dan standar yang terjamin. ISO 14000 adalah koreksi praktik terbaik untuk mengatur pengaruh organisasi terhadap lingkungan.
·         Prosedur Kendali: Pert Dan Bagan Gantt
Evaluasi program dan teknik tinjauan atau PERT, pengguna PERT menganalisis tugas yang terlibat dalam menyelesaikan proyek tertentu, memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dan mengidentifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek. Jalan peting adalah urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian terlama. Bagan Gantt adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukkan proses yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu.
 

BAB 8 : MENGADAPTASI ORGANISASI PADA PASAR SEKARANG

·         Organisasi yang berubah-ubah
Sebelumnya, sejarah bisnis belumpernah mengalami begitu banyak perubahan yang dikenal dengan begitu cepat: terkadang dengan terlalu cepat. Hal yang sama untuk banyak bisnis adalah perubahan dalam harapan para pelanggan. Saat ini, konsumen mengharapkan produk kualitas tinggi dan layanan yang ramah dan cepat dengan harga yang layak. Kemudian, manajemen perubahan menjadi fungsi manajerial yang sangat penting. Itu terkadang mencakup perubahan dari seluruh struktur organisasi.
·         Perkembangan desain organisasi
Sampai abad ke-21 sebagaian besar bisnis berukuran lebih kecil, proses produksi barang relatif sederhana dan organisasi para pekerja cukup mudah. Mengorganisasi para pekerja masih tidak terlalu sulit disebagaian besar perusahaan kecil, seperti layanan pemotongan rumput atau toko kecil yang membuat kapal-kapal sesuai pemesanan. Pertumbuhan bisnis menyababkan apa yang disebut skala ekonomi. Istilah tersebut merujuk fakta bahwa perusahaan dapat megurangi biaya produksi apa bila mereka dapat membeli barang mentah atau barang mentah dalam jumlah besar; biaya rata-rata menurun ketika produksi meningkat.
·         Prinsip-prinsip organisasi fayol
Fayol memperkenalkan prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut :
a)    Kesatuan Perintah.
b)    Hierarki otoritas.
c)    Divisi tenaga kerja.
d)    Subordinasi kepentingan individual dengan kepentingan umum.
e)    Otoritas.
f)       Tingkat sentralisasi.
g)    Saluran komunikasi yang jelas.
h)    Tata tertib.
i)        Keadilan.
j)        Esprit de corps.
Pelajaran manajemen diperguruan tinggi diseluruh dunia memikirkan prinsip-prinsip ini menjadi sama dengan konsep manajemen.
Prinsip-prinsip organisasi Weber mirip juga dengan prinsip-prinsip fayol, selain itu Weber menekankan :
a)    Deskripsi pekerjaan.
b)    Peraturan tertulis, garis pedoman keputusan, dan catatan yang konsisten.
c)    Prosedur, peraturan dan kenijaksanaan yang konsisten.
                  d)    Promosi dan susunan kepegawaian yang didasarkan pada kualifikasi.

Isu-Isu Yang Terlibat Dalam Strukturisasi Organisasi :
Ketika merancang organisasi yang responsif, perusahaan harus berhadapan dengan beberapa isu organisasional:
1. Sentralisasi versus desentralisasi
  1. Otoritas yang tersentralisasi (centralized authority) adalah sebuah struktur organisasi yang mempertahankan otoritas pengambilan keputusan tingkat manajemen puncak di markas besar perusahaan.
  2. Otoritas yang terdesentralisasi (desentralized authority) adalah sebuah struktur organisasi yang mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan kepada para manajer tingkat lebih rendah yang lebih familier dengan kondisi lokal ketimbang manajemen markas besar.
2. Memilih Rentang Kendali yang sesuai
Rentang kendali (span of control) adalah jumlah optimal bawahan yang diawasi oleh seorang manajer.
Keuntungan
Tersentralisasi
  1. Kendali manajer puncak yang lebih besar
  2. Efisiensi yang lebih
  3. Sisterm distribusi yang lebih sederhana
  4. kesan korporat atau merek yang lebih kuat
Terdesentralisasi
  1. Adaptasi yang lebih baik terhadap keinginan pelanggan
  2. Lebih banyak pemberdayaan pekerja
  3. Pengambilan keputusan yang lebih cepat
  4. Moral yang lebih tinggi
Kerugian
Tersentralisasi
  1. Kurangnya respons terhadap pelanggan
  2. Kurangnya pemberdayaan
  3. Konflik interorganisasional
  4. Moral yang lebih rendah jauh dari markas besar
Terdesentralisasi
  1. Kurangnya efisiensi
  2. Sistem distribusi yang kompleks
  3. Kendali manajemen puncak yang lebih sedikit
  4. Kesan korporat yang lemah
3. Struktur organisasi yang tinggi versusu datar
struktur organisasi yang tinggi (tall organization structure)
adalah struktur organisasi di mana bagan organisasi piramida akan sangat t inggi dikarenakan berbagai tingkat manajemen.
Keuntungan dan kerugian rentang kendali yang sempit versus luas semakin datar organisasi tersebut, semakin luas rentang kendalinya.
Keuntungan
Sempit
  1. Lebih banyak kendali oleh manajemen puncak
  2. Lebih banyak kesempatan untuk kemajuan
  3. Spesialisasi yang lebih baik
  4. Pengawasan yang lebih ketat
Luas
  1. Biaya yang lebih sedikit
  2. Lebih responsif terhadap pelanggan
  3. Pengambilan keputusan yang lebih cepat
  4. Pemberdayaan yang lebih banyak
Kerugian
Sempit
  1. Kurangnya pemberdayaan
  2. Biaya yang lebih tinggi
  3. Pengambilan keputusan yang tertunda
  4. Kurang responsif terhadap pelanggan
Luas
  1. Kesempatan yang lebih sedikit untuk kemajuan
  2. Manajer yang bekerja berlebih
  3. Hilangnya kendali
  4. Lebih sedikit keahlian manajemen
4. Departementalisasi
Departementalisasi (departementalization) adalah pembagian fungsi organisasional menjadi unit-unit terpisah.
Keuntungan dan kerugian departementalisasi
Keuntungan
  1. Para karyawan dapat mengembangkan keterampilan secara mendalam dan dapat maju di dalam departemen ketika mereka menguasai keterampilan-keterampilan tersebut.
  2. Perusahaan dapat mencapai ekonomi skala di mana perusahaan dapat memusatkan semua sumber yang dibutuhkan dan menempatkan berbagai ahli di area itu.
  3. Ada koordinasi yang baik di dalam fungsi tersebut, dan manajemen puncak dapat dengan mudah mengarahkan dan mengendalikan berbagai aktivitas departemen.
Kerugian
  1. Mungkin ada kekurangan komunikasi di antara departemen-departemen yang berbeda.
  2. Para karyawan individual dapai mulai mengidentifikasi departemen mereka dan tujuan-tujuannya ketimbang tujuan organisasi sebagai satu keseluruhan.
  3. Respons perusahaan terhadap perubahan eksternal mungkin lambat.
Mengatur Interaksi Antar Perusahaan :
Jejaring
adalah menggunakan teknologi komunikasi dan cara lain untuk menghubungkan organisasi organisasi dan memungkinkan mereka untuk bersama-sama mencapai objektif umum .
Transparansi
Konsep yang mendiskripsikan sebuah perusahaan yang begitu terbuka dengan perusahaan lain yang bekerjasama dengannya, sehingga penghalang yang tadinya solid diantara mereka menjadi tembus pandang dan informasi elektronik dibagikan seolah perusahaan – perusahaan itu adalah satu perusahaan.
Korporasi virtual
Jaringan organisasi temporal yang terdiri atas perusahaan-perusahaan yang dapat digantikan yang bergabung dan pergi sesuai kebutuhan.
Organisasi Formal dan Informal
Organisasi formal
yaitu dimana struktur yang memperinci jalur-jalur tanggung jawab otoritas , dan posisi, yang berarti struktur yang diperlihatkan di bagian organisasi.
Organisasi informal
yaitu dimana sistem hubungan dan jalur otoritas yang berkembang secara spontan ketika para karyawan bertemu dan membentuk pusat kekuatan yang berarti, sisi manusia dari organisasi yang tidak muncul di bagian organisasi apapun.
http://intanzakiyatul.students.perbanas.ac.id/2012/10/26/bab-7-mengadaptasi-organisasi-pada-pasar-sekarang/

BAB 7: MANAJEMEN, KEPEMIMPINAN, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN

FUNGSI MANAJEMEN
Manajemen (management) adalah proses yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian orang dan sumber-sumber daya organisasional lainnya.
Perencanaan (planning) fungsi manajemen yang meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan taktik terbaik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasioonal.
Pengorganisasian (orgaanizing) fungsi manajemen yang meliputi perancangan struktur organisasional dan penciptaan kondisi sistem dimana setiap  orang dan setiap hal bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional.
Kepemimpinan (leading) menciptakan visi untuk organisasi dan mengkomunikasikan, membimbing, melatih, dan memotivassi oraang lain untuk bekerja secara efektif untuk mrncapai tujuan dan sasaran organisasi.
Pengendalian (controlling) fungsi manajemen yang melibatkan penetapan standar yang jelas untuk menentukan apakah sebuah organisasi mengalami kemajua  terhadap tujuan dan sasarannya.
PERENCANAAN: MENCIPTAKAN VISI BERDASARKAN PADA NILAI
Visi (vision) penjelasan yang luas atas mengapa organisasi tersebut eksis dan kemana arah yang dituju organisasi tersebut.
Pernyataan misi (mission statement) uraian mengenai tujuan mendasar dari sebuah organisasi.
Sebuah pernytaan misi yang berarti harus menyinggung:
1.      Konsep diri organisasional
2.      Filosofi dan tujuan perusahaan
3.      Daya tahan jangka panjang
4.      Kebutuhan pelanggan
5.      Tanggung jawab sosial
6.      Sifat dari produk atas jasa perusahaan

BAB 6: KEWIRAUSAHAAN DAN MEMULAI BISNIS KECIL

MENGAPA ORANG MENGAMBIL TANTANGAN WIRAUSAHA
Beberapa alasan mengapa orang bersedia mengambil risiko untuk memulai sebuah bisnis;
  1. Kesempatan
  2. Laba
  3. Kemerdekan
  4. Tantangan
APAKAH YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENJADI WIRAUSAHAWAN ?
Daftar sifat wirausahan yang ingin anda cari di dalam diri anda sendiri meliputi hal-hal berikut ini:
  1. Memerintah diri
  2. Memelihara diri
  3. Berorientasi tindakan
  4. Penuh semangat
  5. Toleran terhadap ketidakpastian
TIM WIRAUSAHA
(entrepreneurship team) adaalah sekelompok orang yang berasal dari berbagai area bisnis yang bergabung bersama membentuk sebuah tim manajerial dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan, membuat, dan memassarkan sebuah produk baru.
WIRAUSAHAWAN MIKRO DAN BISNIS YANG BERBASI RUMAHAN.
Wirausahawan mikro (micropreneurs) adalah wirausaha yang bersedia untuk menanggung risiko untuk memulai dan mengeelola jenis bisnis yang tetpa kecil.
Wirausahawan mikrro meliputi; penulis, konsultan, produser video, arsitek, pemegang pembukuan, dll.
Banyak bisnis berbasis rumahan dimiliki oleh orang yang berusaha mengombinasikan karir dan keluarga. Alasan lain pertumbuhan bisnis berbasis rumahan:
  1. Tekhnologi komputer.
  2. Perampingaan korporat
  3. Sikap sosial telah berubah
  4. Hukum pajak yang baru
Tantangan-tangan utama bisnis berbasis rumahan;
  1. Mendapatkaan pelanggan baru
  2. Mengelola waktu
  3. Memisahkan tugas kerja dan keluarga
  4. Mematuhi peraturan kota
  5. Mengelola risiko
              Memasuki Pasar Internasional Prospek Bisnis Kecil.
    Bisnis kecil mempunyai sejumlah keuntungan atas bisnis besar dalam perdagangan internasional :
    1)     Pembeli luar negeri lebih senang berurusan dengan individu dibandingkan dengan birikrasi korporat besar.
    2)     Perusahaan kecil biasanya dapat memulai mengirimkan jauh lebih cepat.
    3)     Perusahaan kecil biasanya dapat memulai mengirimkan agak jauh lebih cepat.
    4)     Perusahaan kecil memberikan banyak pemasok.

BAB 5 : Kepemimpinan Bisnis

PERUSAHAAN KEPEMILIKAN TUNGGAL
Keuntungan Dari Perusahaan Kepemilikan Tunggal
     Keuntungan peruhaan kepemilikan tunggal meliputi kemudahan untuk memulai dan mengakhiri, menjadi atasan sendiri, kebanggaan atas kepemilikan, hak milik atas laba, dan tidak ada pajak khusus.
Kerugian Perusahaan Kepemilikan Tunggal
     Kerugian untuk memiliki bisnis sendiri meliputi kewajiban yang tidak terbatas, sumber daya finansial yang terbatas, kesulitan dalam manajemen, komitmen waktu yang besar, tunjangan sampingan yang sedikit, pertumbuhan yang terbatas, dan rentang hidup yang terbatas.
PERUSAHAAN REKANAN
     Perusahaan rekanan adalah suatu bentuk legal bisnis dengan 2 pemilik atau lebih.
1.      Perusahaan rekanan umum (general partnership) adalah perusahaan rekanan yang semua pemilik berbagi dalam operasi bisnis dan dalam menanggung kewajiban untuk utang bisnis tersebut.
2.      Perusahaan rekanan terbatas (limited partnership) adalah perusahaan rekanan dengan satu atau lebih rekanan umum dan satu atau lebih rekanan terbatas.
Keuntungan Perusahaan Rekanan
1.      Lebih banyak sumber finansial;
2.      Manajemen bersama dan ketrampilan dan pengetahuan gabungan/komplementer;
3.      Kemampuan bertahan hidup lebih lama;
4.      Tidak ada pajak khusus.
Kerugiaan Perusahaan Rekanan
1.      Kewajiban tidak terbatas;
2.      Pembagian laba;
3.      Perselisihan antar rekanan;
4.      Kesulitan untuk berhenti.
KORPORASI
     Korporasi adalah sebuah entitas legal berizin negara bagian dengan otoritas untuk bertindak dan mempunyai kewajiban terpisah dari para pemiliknya.
Keuntungan Korporasi
1.      Kewajiban yang terbatas;
2.      Lebih banyak uang untuk investasi;
3.      Ukuran;
4.      Hidup terus-menerus;
5.      Kemudahan dalam perubahan kepemilikan;
6.      Kemudahan untuk menarik karyawan yang berbakat;
7.      Pemisahan kepemilikan dari manajemen.
Kerugian Korporasi
1.      Pekerjaan surat menyurat yang ekstensif;
2.      Pemajakan ganda;
3.      Dua pengembalian pajak;
4.      Ukuran;
5.      Kesulitan untuk mengakhiri;
6.      Kemungkinan konflik antara pemegang saham dan dewan direktur;
      7.      Biaya awal.

EKSPANSI KORPORAT: MERGER DAN AKUISISI
     Merger (merger) adalah hasil dari dua perusahaan yang membentuk satu perusahaan. Akuisisi (acquisition) adalah satu perusahaan membeli properti dan obligasi dari perusahaan lain.
WARALABA
    
     Pada dasarnya, perjanjian waralaba (franchise agreement) adalah perjanjian dimana seseorang dengan ide bagus untuk pebisnis. Pewaralaba (franchisor) menjual hak untuk menggunakan nama bisnis tersebut dan untuk menjual produk atau jasa.
Keuntungan Waralaba
1.      Bantuan manajemen dan pemasaran;
2.      Kepemilikan pribadi;
3.      Nama yang dikenal secara nasional;
4.      Nasihat dan bimbingan finansial;
5.      Tingkat kegagalan yang lebih rendah.
Kerugian Waralaba
1.      Biaya awal yang besar;
2.      Laba yang dibagi;
3.      Regulasi manajemen;
4.      Pengaruh ekor jas;
5.      Pelarangan untuk menjual.
KOPERASI
     Orang yang tidak menyukai organisasi yang diantaranya pemilik, manajer, pekerja, dan pembeli mempunyai tujuan yang terpisah acap kali membentuk koperasi.

BAB 4 : Menampilkan Perilaku Etis Dan Tanggung Jawab Sosial

        Tanggung jawab terhadap karyawan

Bisnis mempunyai tanggung jawab terhadap karyawan. Pertama, meeka mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan lapangan pekerjaan jika mereka ingin tumbuh. Setelah sebuah perusahaan menciptakan lapangan pekerjaan, perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa kerja keras dan bakat dihargai secara adil. Karyawan membutuhkan harapan realistis akan masa depan yang lebih baik, yang hanya datang melalui kesempatan untuk bergerak keatas. Jika sebuah perusahaan memperlakukan karyawannya dengan rasa hormat, biasanya juga akan menghormati perusahaan. Rasa hormat itu akan membuat perbedaan besar dalam laba perusahaan. Ketika karyawan merasa bahwa mereka telah tidak diperlakukan secara tak adil, mereka acap sekali akan membalas. Membalas perlakuan buruk adalah salah satu insentif yang paling kuat bagi orang baik untuk melakukan hal buruk.

·         Tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan

Satu tanggung jawab utama dari bisnis terhadap masyarakat adalah untuk menciptakan kemakmuran baru. Jika bisnis tidak melakukannya, lalu siapa yang akan melakukannya. Lebih dari sepertiga orang Amerika yang bekerja menerima gaji mereka dari organisasi nirlaba yang pada gilirannya menerima padanan mereka dari orang lain, yang pada gilirannya menerima uang mereka dari bisnis. Bisnis juga sebagian bertanggung jawab untuk meningkatkan keadilan sosial. Bisnis-bisnis benar-benar memiliki tanggung jawab untuk membantu membuat lingkungan mereka dimana mereka tinggal dekat perusahaan menjadi tempat yang lebih baik. Kualitas lingkungan adalah kebaikan publik. Maksudnya, setiap orang menikmatinya tanpa peduli siapa yang membayar untuknya. Cara yang dapat digunakan perusahaan adalah untuk menemukan kebaikan publik yang tepat yang menarik bagi pelanggannya.

·         Audit sosial

Menyenangkan untuk berbicara mengenai organisasi yang menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial. Akan tetapi apakah terdapat cara untuk mengukur apakah organisasi membuat tanggung jawab sosial sebagai bagian integral dari pengambilan keputusan manajemen puncak ? Jawabannya iya, dan istilah yang mewakili pengukuran itu adalah audit sosial. Audit sosial adalah sebuah evaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerapan program yang bertanggung jawab dan responsif secara sosial. Selain audit sosial yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri, terdapat empat jenis kelompok yang berfungsi sebagai pengawas berkenaan dengan seberapa baik perusahaan menegakkan kebijakan etis dan tanggung jawab sosial mereka:
1)      Investor yang sadar secara sosial.
2)      Pemeduli lingkungan (environmentalist).
3)     Pejabat serikat buruh.
4)     Pelanggan.
·         Etika dan tanggung jawab sosial internasional

Masalah etis dan isu tanggung jawab sosial bukan merupakan hal baru bagi Amerika Serikat. Pemimpin bisnis dan pemerintah puncak di Jepang tertangkap dalam skema besar perebutan pengaruh. Para pemimpin pemerintah bukan merupakan merupakan satu-satunya yang dibawa ke standar yang lebih tinggi. Keadilan yang mengharuskan pemasok internasional untuk mematuhi standar etis Amerika tidaklah sederhana anggapan anda. Pembentukan seperangkat aturan internasional tunggal yang mengatur korporasi multinasional tampaknya masih belum dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Di banyak tempat “perangi korupsi” masih berupa slogan, tetapi bahkan sebuah slogan adalah sebuah awal.

BAB 3 : Kepemimpinan Bisnis

PERUSAHAAN KEPEMILIKAN TUNGGAL
Keuntungan Dari Perusahaan Kepemilikan Tunggal
     Keuntungan peruhaan kepemilikan tunggal meliputi kemudahan untuk memulai dan mengakhiri, menjadi atasan sendiri, kebanggaan atas kepemilikan, hak milik atas laba, dan tidak ada pajak khusus.
Kerugian Perusahaan Kepemilikan Tunggal
     Kerugian untuk memiliki bisnis sendiri meliputi kewajiban yang tidak terbatas, sumber daya finansial yang terbatas, kesulitan dalam manajemen, komitmen waktu yang besar, tunjangan sampingan yang sedikit, pertumbuhan yang terbatas, dan rentang hidup yang terbatas.
PERUSAHAAN REKANAN
     Perusahaan rekanan adalah suatu bentuk legal bisnis dengan 2 pemilik atau lebih.
1.      Perusahaan rekanan umum (general partnership) adalah perusahaan rekanan yang semua pemilik berbagi dalam operasi bisnis dan dalam menanggung kewajiban untuk utang bisnis tersebut.
2.      Perusahaan rekanan terbatas (limited partnership) adalah perusahaan rekanan dengan satu atau lebih rekanan umum dan satu atau lebih rekanan terbatas.
Keuntungan Perusahaan Rekanan
1.      Lebih banyak sumber finansial;
2.      Manajemen bersama dan ketrampilan dan pengetahuan gabungan/komplementer;
3.      Kemampuan bertahan hidup lebih lama;
4.      Tidak ada pajak khusus.
Kerugiaan Perusahaan Rekanan
1.      Kewajiban tidak terbatas;
2.      Pembagian laba;
3.      Perselisihan antar rekanan;
      4.      Kesulitan untuk berhenti.

Korporasi S
     Korporasi S mempunyai keuntungan dari kewajiban terbatas dan pajak yang lebih sederhana. Untuk memenuhi syarat status korporasi S, sebuah perusahaan harus mempunyai kurang dari 100 pemegang saham. Pemegang sahamnya haruslah individu atau estat dan merupakan warga negara atau penduduk permanen, dan perusahaan tidak dapat mempunyai laba yang 25 persen atau lebih darinya didapatkan dari sumber pasif.
 
WARALABA
    
     Pada dasarnya, perjanjian waralaba (franchise agreement) adalah perjanjian dimana seseorang dengan ide bagus untuk pebisnis. Pewaralaba (franchisor) menjual hak untuk menggunakan nama bisnis tersebut dan untuk menjual produk atau jasa.