Senin, 05 November 2012

BAB 2 : PENGARUH KONDISI EKONOMI TERHADAP BISNIS

Ekonomi Pertumbuhan Dan Adam Smith
     Pada tahun 1776, Adam Smith menamakan mekanisme untuk menciptakan kemakmuran dan lapangan pekerjaan sebagai tangan tak terlihat. Di bawah sistemnya (kapitalisme), pelaku bisnis secara tidak sengaja bekerja untuk membantu orang lain. Bahkan, mereka sebagian besar bekerja untuk kemakmuran dan pertumbuhan diri mereka sendiri. Namun, usaha orang untuk memperbaiki situasi mereka sendiri bertindak seperti tangan tak terlihat untuk membantu ekonomi bertumbuh dan makmur melalui produksi barang, jasa, dan ide yang dibutuhkan.
Bagaimana Bisnis Membawa Manfaat Bagi Mayarakat
     Di bawah teori Adam Smith, pelaku bisnis tidaklah selalu harus secara sengaja bekerja untuk membantu orang lain. Mereka bekerja terutama untuk kemakmuran dan pertumbuhan mereka sendiri.
     Smith berasumsi bahwa seiring orang menjadi semakin kaya, mereka biasanya akan membantu orang-orang yang kurang beruntung dalam masyarakat. Itu tidak selalu terjadi. Akan tetapi saat ini, banyak pelaku bisnis yang menjadi semakin peduli terhadap isu-isu sosial dan tanggung jawab mereka untuk mengembalikan kepada masyarakat apa yang telah mereka dapatkan.
MEMAHAMI KAPITALISME PASAR BEBAS
     Kapitalisme adalah sebuah sitem ekonomi dimana semua atau sebagian besar cara produksi dan distribusi (misalnya, tanah, pabrik, rel kereta, dan toko) dimiliki oleh swasta dan dioperasikan untuk mendapatkan keuntungan.
 
Menstabilkan Ekonomi Melalui Kebijakan Fiskal
     kebijakan fiskal meliputi upaya pemerintah untuk memelihara ekonomi tetap stabil dengan menaikkan atau menurunkan pajak atau pengeluaran pemerintah. Tujuannya adalah mencari keseimbangan yang baik antara pajak dan pengeluaran sehingga ekonomi dapat tumbuh dan pemerintah dapat mendanai berbagai programnya.
Menggunakan Kebijakan Moneter Untuk Memelihara Pertumbuhan Ekonomi
     Kebijakan moneter (monetary policy) adalah manajemen pasokan uang dan tingkat suku bunga. Ketika pengangguran terlalu tinggi, Federal Reserve Bank (the Fed) dapat menaruh lebih banyak uang ke dalam ekonomi dan menurunkan tingkat suku bunga. Itu akan memberikan dorongan kepada ekonomi seiring bisnis meminjam dan membelanjakan lebih banyak uang dan mempekerjakan lebih banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar