Senin, 05 November 2012

BAB 7: MANAJEMEN, KEPEMIMPINAN, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN

FUNGSI MANAJEMEN
Manajemen (management) adalah proses yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian orang dan sumber-sumber daya organisasional lainnya.
Perencanaan (planning) fungsi manajemen yang meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan taktik terbaik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasioonal.
Pengorganisasian (orgaanizing) fungsi manajemen yang meliputi perancangan struktur organisasional dan penciptaan kondisi sistem dimana setiap  orang dan setiap hal bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional.
Kepemimpinan (leading) menciptakan visi untuk organisasi dan mengkomunikasikan, membimbing, melatih, dan memotivassi oraang lain untuk bekerja secara efektif untuk mrncapai tujuan dan sasaran organisasi.
Pengendalian (controlling) fungsi manajemen yang melibatkan penetapan standar yang jelas untuk menentukan apakah sebuah organisasi mengalami kemajua  terhadap tujuan dan sasarannya.
PERENCANAAN: MENCIPTAKAN VISI BERDASARKAN PADA NILAI
Visi (vision) penjelasan yang luas atas mengapa organisasi tersebut eksis dan kemana arah yang dituju organisasi tersebut.
Pernyataan misi (mission statement) uraian mengenai tujuan mendasar dari sebuah organisasi.
Sebuah pernytaan misi yang berarti harus menyinggung:
1.      Konsep diri organisasional
2.      Filosofi dan tujuan perusahaan
3.      Daya tahan jangka panjang
4.      Kebutuhan pelanggan
5.      Tanggung jawab sosial
6.      Sifat dari produk atas jasa perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar