Promosi
adalah
usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang
dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut
serta dalam pertukaran. Bauran
promosi adalah Kombinasi alat-alat promosi yang digunakan satu
organisasi. Komunikasi
pemasaran terpadu adalah mengombinasikan semua alat promosi
menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Iklan : Pertempuran Untuk Menjaga Minat Konsumen
Iklan adalah komunikasi
non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi
dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi
dalam pesan.
Penempatan
produk adalah memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film
yang produk-produk tersebut akan dilihat.
Berbagai jenis iklan yang
digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda.
Kategori-kategori utamanya antara lain:
Iklan ritel
Iklan perdagangan
Iklan bisnis ke bisnis
Iklan institusi
Iklan produk
Iklan advokasi
Iklan komparatif
Iklan interaktif
Iklan online
MENINGKATNYA
PENGGUNAAN INFOMERSIAL
Infomersial adalah acara TV siaran
penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa.
Infomersial sukses karena mereka menunjukkan produk dengan sangat detail.
Penjualan
: Memberikan Atensi Personal
Penjualan
pribadi (personal
selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. Ini
berarti mencari prospek-prospek baru dan melanjutkan layanan setelah terjadi
penjualan. Penjualan efektif tidak sekadar membujuk orang lain untuk membeli.
Kenyataanya, saat ini, penjualan personal lebih tepat dideskripsikan sebagai
membantu orang lain memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Langkah-langkah dalam Proses Penjulan :
1.
Prospek dan kualifikasi
2.
Pra-pendekatan
3.
Pendekatan
4.
Melakukan presentasi
5.
Menjawab keberatan
6.
Menutup penjualan
7.
Tindak lanjut
Promosi
Penjualan : Mendapatkan Penawaran yang Baik
Promosi
penjualan
adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler
melalui aktivitas jangka pendek.
Sampling adalah suatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of mouth (promosi mulut ke mulut) adalah suatu alat promosi yang melibatkan orang-orang dengan memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs web tertentu.
Blog adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbaruhi dengan cara memposting teks, foto-foto, atau links ke situs lainnya.
Podcasting adalah satu sarana untuk mendistribusikan program-progam audio dan video melalui internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan istilah feeds dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada waktu yang mereka pilih.
Sampling adalah suatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of mouth (promosi mulut ke mulut) adalah suatu alat promosi yang melibatkan orang-orang dengan memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs web tertentu.
Blog adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbaruhi dengan cara memposting teks, foto-foto, atau links ke situs lainnya.
Podcasting adalah satu sarana untuk mendistribusikan program-progam audio dan video melalui internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan istilah feeds dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada waktu yang mereka pilih.
STRATEGI-STRATEGI
PROMOSI
1. Push strategy adalah strategi
promosi oleh produsen menggunakan iklan, penjualan personal, dan alat-alat
promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau
menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
2. Pull strategy adalah strategi
promosi dimana usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran
ditunjukkan pada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para
peritel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar