Minggu, 09 Desember 2012

Bab 16 Menggunakan Teknik-Teknik Promosi yang Efektif

Promosi adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran. Bauran promosi adalah Kombinasi alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi. Komunikasi pemasaran terpadu adalah mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Iklan : Pertempuran Untuk Menjaga Minat Konsumen
Iklan adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi dalam pesan.  

Penempatan produk adalah memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan dilihat.
Berbagai jenis iklan yang digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda. Kategori-kategori utamanya antara lain:

*    Iklan ritel
*    Iklan perdagangan
*    Iklan bisnis ke bisnis
*    Iklan institusi
*    Iklan produk
*    Iklan advokasi
*    Iklan komparatif
*    Iklan interaktif
*    Iklan online

MENINGKATNYA PENGGUNAAN INFOMERSIAL

Infomersial adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa. Infomersial sukses karena mereka menunjukkan produk dengan sangat detail.

Penjualan : Memberikan Atensi Personal

Penjualan pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. Ini berarti mencari prospek-prospek baru dan melanjutkan layanan setelah terjadi penjualan. Penjualan efektif tidak sekadar membujuk orang lain untuk membeli. Kenyataanya, saat ini, penjualan personal lebih tepat dideskripsikan sebagai membantu orang lain memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Langkah-langkah dalam Proses Penjulan :
1.    Prospek dan kualifikasi
2.    Pra-pendekatan
3.    Pendekatan
4.    Melakukan presentasi
5.    Menjawab keberatan
6.    Menutup penjualan
7.    Tindak lanjut

Promosi Penjualan : Mendapatkan Penawaran yang Baik

Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas jangka pendek.
Sampling adalah suatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of mouth (promosi mulut ke mulut) adalah suatu alat promosi yang melibatkan orang-orang dengan memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs web tertentu.
Blog adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbaruhi dengan cara memposting teks, foto-foto, atau links ke situs lainnya.
Podcasting adalah satu sarana untuk mendistribusikan program-progam audio dan video melalui internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan istilah feeds dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada waktu yang mereka pilih.

STRATEGI-STRATEGI PROMOSI

1.      Push strategy adalah strategi promosi oleh produsen menggunakan iklan, penjualan personal, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
2.      Pull strategy adalah strategi promosi dimana usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditunjukkan pada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar