Minggu, 09 Desember 2012

BAB 17 Memahami Informasi Keuangan dan Akutansi


PENTINGNYA INFORMASI AKUNTANSI

Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan dan penginterpretasikan segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dari pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

AREA AKUNTANSI

Akuntansi Manajerial adalah informasi dan analisis bagi para manajer di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan. Certified 

Akutansi Manajemen adalah seorang profesional akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian klasifikasi di bidang tersebut, dan telah disertifikasi oleh institute of certified management accountants.

Akuntansi Keuangan adalah informasi dan analisis akuntansi yang ditujukan bagi pihak-pihak di luar organisasi. Laporan tahunan adalah suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kinerja, dan harapan - harapan organisasi.  

Akuntan swasta adalah seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen, pemerintahan, atau organisasi nirlaba tertentu. Akuntan Publik adalah seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi. Certified public accountant adalah seorang akuntan yang telah lulus serangkaian ujian yang diselenggarakan oleh American Institute of Certified Public Accountants.

Auditing adalah tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Certified internal auditor adalah seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus suatu ujian yang diselenggarakan oleh institute of internal auditors.

Akuntansi Pajak adalah seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan tanggung jawab untuk mempersiapkan SPT pajak atau mengembangkan strategi pajak.

Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba adalah sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak berorientasi laba tetapi melayani ratepayers, pembayaran pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

SIKLUS AKUNTANSI
 

Siklus akuntansi adalah prosedur enam langkah yang timbul di dalam penyusunan dan analisis laporan keuangan utama. Pembukuan adalah pencatatan transaksi bisnis. Jurnal adalah buku pencatatan atau program komputer berisi data akuntansi pertama kali dimasukkan. Pembukuan ganda adalah konsep pencatatan setiap bisnis transaksi dalam dua tempat. Buku besar adalah buku akuntansi khusus atau program komputer yang berisi informasi dari jurnal akuntansi diakumulasikan ke dalam kategori tertentu dan diposting, sehingga manajer dapat menemukan semua informasi mengenai satu akun dib tempat yang sama. Neraca saldo adalah sebuah rincian semua data untuk menunjukan apakah angka-angka tersebut benar dan seimbang.

MEMAHAMI LAPORAN KEUANGAN UTAMA
 

Laporan keuangan adalah rangkuman semua transaksi yang terjadi selama satu periode tertentu.

PERSAMAAN AKUNTANSI DASAR

Persamaan akuntansi dasar adalah asset = kewajiban + ekuitas pemilik; hal ini merupakan dasar bagi neraca.

NERACA
Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukan kondisi keuangan perusahaan pada satu waktu tertentu.


PENGGOLONGAN ASET
Aset adalah sumber daya ekonomis (barang bernilai) yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Likuiditas adalah seberapa cepat suatu aset dapat dikonversi menjadi kas. Aset lancar adalah barang yang dapat atau akan dikonversi manjadi kas dalam kurun waktu satu tahun. Aset tetap adalah asset yang relative permanen, seperti tanah, gedung, dan peralatan. Aset tak berwujud adalah asset jangka panjang yang tidak memiliki bentuk fisik, tetapi memiliki nilai.


AKUN KEWAJIBAN DAN EKUITAS PEMILIK
Kewajiban adalah utang bisnis kepada pihak lain. Utang usaha adalah kewajiban lancar yang melibatkan utang kepada pihak lain untuk barang atau jasa yang dibeli secara kredit, namun bekum dilunasi. Wesel bayar adalah kewajiban jangka pendek atau jangka panjang di mana suatu bisnis berjanji akan melunasinya pada waktu tertentu. Utang obligasi adalah kewajiban jangka panjang yang mencerminkan uang yang dipinjamkan ke perusahaan yang harus dibayar kembali. Ekuitas pemilik adalah jumlah dari aset bisnis yang dimiliki pemiliknya dikurangi segala kewajiban yang harus dilunasi bisnis. Saldo laba adalah akumulasi perolehan laba dari oprasional perusahaan yang menguntungkan yang dipertahankan di dalam bisnis dan tidak dibayarkan kapada pemegang saham dalam bentuk deviden.


LAPORAN LABA RUGI
Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukan laba perusahaan setelah biaya, beban, dan pajak; laporan ini meringkas semua sumber daya yang masuk ke perusahaan (pendapatan), semua sumber daya yang digunakan, dan hasil laba bersih. Laba bersih atau rugi bersih adalah pendapatan yang tersisa setelah semua biaya dan beban, termasuk pajak dibayarkan.


PENDAPATAN
Pendapatan adalah nilai yang diterima untuk barang yang terjual, jasa yang disediakan, dan sumber keuangan lainnya.


HARGA POKOK PENJUALAN
Harga pokok penjualan adalah pengukuran biaya persediaan terjual atau biaya bahan baku dan pasokan yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual lagi. Laba kotor adalah seberapa besar yang diperoleh suatu perusahaan dengan membeli (atau membuat) dan menjual barang.


BEBAN OPERASIONAL
Beban operasional adalah biaya yang terlibat di dalam operasional suatu bisnis, mencakup sewa, utilitas, dan gaji. Penyusutan adalah penghapusan sistematis biaya aset berwujud atas perkiraan masa manfaatnya.


LAPORAN ARUS KAS
Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menunjukan penerimaan dan pengeluaran kas terkait dengan tiga aktivitas utama perusahaan: operasional, investasi, dan pendanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar