Minggu, 09 Desember 2012

Artikel Bisnis : Menjalankan Bisnis Kos-Kosan Sekaligus Laundry Kiloa

Menjalankan bisnis kos-kosan selama ini masih diyakini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi jika bisnis kos-kosan tersebut mampu dikombinasi dengan menjalankan bisnis lain seperti laundry maka peluang untuk memperoleh keuntungan akan lebih besar lagi. Di lokasi strategis seperti pusat perkotaan, perdagangan, lingkungan kampus, dan lingkungan perkantoran bisnis kos-kosan sekaligus laundry tumbuh subur dengan fasilitas dan harga yang bervariasi. Salah satu wilayah yang menjadi ‘medan perang’ bisnis kos-kosan sekaligus bisnis laundry di wilayah Yogyakarta adalah Kecamatan Depok Sleman.
Di lokasi yang dikenal sebagai lingkungan anak kampus itu, dua usaha yang lekat dengan kalangan mahasiswa tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya kampus baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah tersebut. Salah satu pengusaha kos-kosan dan usaha laundry di wilayah itu yang berhasil ditemui tim bisnisUKM Senin (11/3) adalah Ibu Sarminah (42). Membuka kos-kosan sejak tahun 2000, Ibu Sarminah mampu memanfaatkan peluang dengan sekaligus menjalankan bisnis laundry kiloan.

Di rumahnya Jalan Magersari No.9 Kledokan RT.1/ RW.1 Caturtunggal Depok Sleman, Ibu Sarminah beserta suami mampu mengelola bisnis kos-kosan sekaligus membuka usaha laundry kiloan secara beriringan. Di tahun keempat setelah membuka bisnis kos-kosan atau tepatnya 2004, Laundry Amanah mulai dijalankan Ibu Sarminah dengan konsumen pertamanya adalah para penghuni kos-kosan sendiri. “Awal mulanya anak-anak kos saya ‘wajibkan’ untuk mencuci di tempat saya,” terang Ibu Sarminah sembari tertawa. Dari langkah awalnya tersebut, banyak penghuni kosan yang kemudian ‘memasarkan’ Laundry Amanah secara langsung kepada teman-temannya hingga usaha tersebut dikenal kalangan luas.

Kunci sukses

Amanah Laundry 200x150 Menjalankan Bisnis Kos Kosan Sekaligus Laundry KiloanDalam menjalankan usaha kos-kosannya, Ibu Sarminah mengedepankan hubungan kekeluargaan dengan para penghuni. “Semua penghuni saya anggap anak sendiri, sehingga saya sering berinteraksi dengan mereka agar tidak ada jarak antara pemilik dengan para penghuni kosan,” jelas Ibu Sarminah ditemani salah seorang putrinya. Usaha kos yang terbagi menjadi dua bangunan tersebut memiliki 8 buah kamar dengan fasilitas kamar mandi dan dapur. Harga kos-kosan yang ditawarkan saat ini per kamar 2 juta rupiah/ tahun. Sementara untuk sistem kontrak  satu rumah sekaligus saat ini Ibu Sarminah mematok harga 8-11 juta rupiah/ tahun.
Sementara untuk usaha laundry kiloan, Ibu Sarminah sangat mengedepankan kualitas dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggannya. “Kami mementingkan kualitas cucian, meskipun masih semi manual karena menggunakan sinar matahari dalam proses pengeringannya, namun kualitas bagi kami tetap nomor satu,” imbuh Ibu Sarminah. Bahkan untuk proses mencuci, Ibu Sarminah turun langsung menanganinya meskipun memiliki 3 orang tenaga bantu. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menjaga kualitas cucian agar terjaga dengan baik.
Dalam sehari, Laundry Amanah rata-rata melayani 30-40 kg laundry aneka jenis dari mulai baju, kaos, celana, jaket, boneka, dll. Harga yang dipatok Laundry Amanah Rp.2.500,00/ kg dengan waktu pengerjaan maksimal 3 hari. “Berhubung proses pengeringan masih manual, maka saat cuaca tidak menentu kami biasa konfirmasi ke pelanggan untuk memberitahukan kalau cuciannya belum kering seperti waktu yang dijanjikan,” terang Ibu Sarminah yang saat ini memiliki 2 mesin cuci kapasitas 8 kg dan 14 kg. Dengan harga seperti itu, Ibu Sarminah mengaku mampu menghasilkan omzet rata-rata 3 juta rupiah per bulan.
Seiring perkembangan usaha laundry yang semakin pesat, maka Ibu Sarminah dalam waktu dekat akan menambah satu mesin cuci lagi. Hal itu dilakukan sebagai langkah pengembangan di tengah persaingan usaha sejenis yang sangat ketat. Dengan adanya pengembangan tersebut, Ibu Sarminah berharap mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggannya yang didominasi kalangan mahasiswa.

Artikel Bisnis : Berawal Hobi menjadi Bisnis Menggiurkan

IMG_0044.jpg 
Etalase dari kaca  berisi perlengkapan berburu dan aksesoris olahraga menembak tersusun rapi mulai dari berbagai jenis pisau hingga seragam olahraga soft gun di sebuah gerai lantai dasar Palembang Trade Centre Mall (PTC)

Kegemaran Bagus dengan olahraga menembak membuatnya membuka dua gerai yakni  Gerai Bagus Galeri dan Gerai Ari Galeri yang menjual berbagai perlengkapan olahraga menembak. 

Bagus mengungkapkan dua gerainya menjual replika senjata api (soft Gun) berbagai jenis diantaranya Air Gun, Air Soft Gun, dan Elektric Soft Gun. Harga untuk setiap replika senjata berkiasar 4 sampai 10 juta rupiah.  

Replika senjata api tersebut dimpor dari Thailand dan Taiwan melalui seorang agen di Surabaya. Selain menjual soft gun gerainya juga menerima jasa service soft gun yang mengalami kerusakan.

Ia menjelaskan pembelian soft gun dilakukan secara Indent ( pemesanan) karena sebagai gerai resmi setiap kepemilikan soft gun harus dilengkapi surat keanggotaan persatuan menembak dan berburu Indonesia (Perbakin) Sumsel. Waktu indent barang dan surat izinnya kurang lebih satu minggu.

"Setiap orang hanya boleh membeli satu soft gun," imbuhya.

Ia mengaku sangat berhati hati menjual apalagi sedang marak tindak kejahatan yang menggunakan senjata api akhir-akhir ini.

Disinggung mengenai penyalahgunaan soft gun untuk kejahatan Ia mengungkapkan hal itu kembali kepada pihak yang bersangkutan karena Ia hanya sebagai penjual replika senjata (soft gun) untuk penggemar olahraga menembak.

Lebih lanjut Ia menjelaskan mudahnya mendapatkan senjata api ilegal dengan harga yang  murah membuat pelaku tidak kejahatan biasanya mencari barang tersebut, untuk melancarkan aksi kejahatannya.

Sekretaris club menembak Albatros, Andi Anto yang ditemui saat berkunjung ke gerai milik Bagus  menambahkan belum pernah terbukti anggota Perbakin menyalahgunakan soft gun ataupun senjata api, kemungkinan senjata yang beredar di masyarakat merupakan senjata ilegal. 


Persyaratan membeli Air Soft Gun

1. Foto Copy Kartu tanda pendududuk ( KTP)
2. Pas photo berwarna
3. Mengisi Formulir keanggotaan Perbakin
4.Usia diatas 17 tahun

Jenis Soft Gun

1.Electric Gun pemicu  Elektrik (Batrai) ,Peluru (gotri) 6 Milimeter
2.Soft Gun pemicu Gas , Peluru (gotri) 4 milimeter
3. Air Soft Gun pemicu gas,peluru (gotri) 6 Milimete

Jenis Peluru ( Gotri)
1. Bahan Palstik (5000 biji) Rp. 200.000
2. Bahan Kaca (2000 biji) Rp. 250.000
3. Bahan Fiber ( 500 biji) Rp. 180.000

Aksesoris

1. Helm - 400 - 800 ribu
2. Sarung-160 ribu
3. Kacamata-500 ribu
4. Laser - 600 ribu- 1 Juta

Artikel Bisnis : Bisnis Mie Setan Malang


 
Mie Setan, pastinya yang ada dibenak Anda adalah mienya para “Setan”. Namun, istilah “Setan” tersebut diberikan untuk menggambarkan rasa pedas yang terdapat di kuliner unik satu ini. Mie Setan sendiri berlokasi di Jalan Bromo Kota Malang tepatnya dekat dengan Gereja Bromo. Mie Setan tergolong kuliner baru di daerah Malang, walaupun masih belum genap setahun Mie Setan ini disambut antusias gembira para pecinta kuliner masakan pedas di Kota Malang. Mie Setan sendiri buka mulai pukul 16.00 – 24.00 dan semakin malam tempat ini bukannya semakin sepi malah semakin ramai dikunjungi oleh para pengunjung terutam kaum muda di Kota Malang.
Keunikan sajian menu di Mie Setan ini adalah Mienya yang terkenal dengan banyak pilihan level kepedasan mi. Setiap tahapan level memiliki tingkat kepedasan yang berbeda dan pastinya siap membuat Anda menjerit kepedasan. Mie Setan sendiri memiliki 5 tingkatan level kepedasan,
Level ✯ = 12 Cabai
Level ✯✯ = 25 Cabai
Level ✯✯✯ = 35 Cabai
Level ✯✯✯✯ = 45 Cabai
Level ✯✯✯✯✯ = 60 Cabai

Bahan utama dari Mie Setan ini bukan menggunakan mie pada umumnya melainkan menggunakan mie pasta yang digoreng matang dengan sedikit minyak.

Untuk harga Mie Setan sendiri pastinya sangat bersahabat dengan kantong Anda, karena satu porsi Mie Setan cukup mengeluarkan biaya seharga Rp.8.000/porsi. Selain menu makanan Mie Setan, juga terdapat menu minuman yang memiliki  nama menarik antara lain seperti es tuyul, es sundel bolong, es kuntil anak, es gendruwo hingga es pocong. Jika Anda yang ingin menikmati Mie Setan ini, Kami menyarankan agar datang lebih awal karena jika tidak dapat dipastikan Anda mengantri sekitar 1 jam hanya untuk mendapatkan tempat duduk dan pemesanan Mie Setan.

Artikel Bisnis : Angkringan Solo Rasa


Sepatu sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup, dengan menggunakan sepatu bisa melindungi kita dari debu dan juga kotoran, serta bisa melindungi kita dari menginjak benda-benda yang tajam. Sepatu mempunyai banyak jenisnya, mulai kets, berbahan kain, hingga kulit. Sepatu dengan bahan kulit diminati banyak orang, untuk anda yang berminat untuk membuka usaha sepatu kulit, berikut estimasinya :

”Analisa Pendapatan Sederhana Selama 1 Bulan”

Pemasukan 1 bulan

Pesanan 15 pasang x @ Rp. 70.000,00 : Rp. 1.700.000,00

Perbaikan sepatu : Rp. 500.000,00


Pengeluaran

Bahan baku

– kulit 45 pit @ 1pit Rp. 19.000,00 : Rp. 855.000,00

– lem (7kg), latek, benang, cat, paku : Rp. 300.000,00

Total pengeluaran : Rp. 1.155.000,00


Keuntungan bersih : Rp 1.700.000,00 – Rp. 1.155.000,00 = Rp. 545.000,00


Proses produksinya tergolong masih sederhana dan murah, bahan bakunya juga mudah di dapat, yaitu lembaran kulit (1pit = 27cm). Untuk pembuatannya sendiri hanya menggunakan peralatan sederhana seperti mesin jahit sepatu, cetakan sepatu, jarum jahit sepatu, paku sepatu, palu, lem, latek, cat sepatu, benang jahit, gunting, amplas, kertas pola, pensil 2B, serta badogan atau kaki tiga (alas untuk menempa sepatu saat di lem/dipaku).Sebagai langkah awal Anda bisa memasarkan produk Anda dengan cara mulut ke mulut, atau dengan cara online.

Jika Anda masih terbentur masalah modal untuk memulai usaha, anda bisa menjadi seorang reseller atau agen terlebih dahulu. Keuntungannya banyak tentu saja, diantaranya :

· Anda Tidak perlu memikirkan masalah produksi/pegawai/tenaga kerja,bahan baku dan lain2.anda hanya cukup memikirkan masalah promosi dan cara memperluas produk yang anda tawarkan.

· Sebagai langkah awal jika anda berniat kedepannya membuka usaha produksi sepatu, missal dengan merk anda sendiri dan design anda sendiri. Dengan menjadi reseller/agen terlebih dahulu, anda bisa memperoleh pengetahuan terlebih dahulu mengenai detail sepatu/model, bertanya kepada produsen mengenai sepatu lebih detail sebelum anda memutuskan menajdi seorang produsen sendiri.

· Keuntungan bisa anda tentukan sesuai tingkatan pasar yang anda bidik disamping hal ini juga mendidika anda mengenai perencanaan harga nda produksi jika anda kedepannya memutuskan menjadi produsen sepatu.


Anda bisa memulainya disini di deniteashop dan pondoksepatu sepatu, dimana untuk menjadi seorang reseller/agen kami tidak memerlukan persyaratan yang susah. Dengan hanya bermodal katalog baik itu photo maupun buku katalog beserta daftar harganya, anda bisa memiliki bisnis sendiri, dengan harga yang anda bisa tentukan sendiri.Dengan lebih dari 5000 item produk,terdiri dari SEPATU/SANDAL/PRODUK FASHION LAINNYA, anda bisa memiliki kebebasan untuk memasarkan produk kami sesuai pangsa pasar yang anda bidik.

Ayo mulailah segala sesuatunya dari sekarang, sebelum pasar anda diambil orang lain.

Sepatu sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup, dengan menggunakan sepatu bisa melindungi kita dari debu dan juga kotoran, serta bisa melindungi kita dari menginjak benda-benda yang tajam. Sepatu mempunyai banyak jenisnya, mulai kets, berbahan kain, hingga kulit. Sepatu dengan bahan kulit diminati banyak orang, untuk anda yang berminat untuk membuka usaha sepatu kulit, berikut estimasinya :

”Analisa Pendapatan Sederhana Selama 1 Bulan”

Pemasukan 1 bulan

Pesanan 15 pasang x @ Rp. 70.000,00 : Rp. 1.700.000,00

Perbaikan sepatu : Rp. 500.000,00


Pengeluaran

Bahan baku

– kulit 45 pit @ 1pit Rp. 19.000,00 : Rp. 855.000,00

– lem (7kg), latek, benang, cat, paku : Rp. 300.000,00

Total pengeluaran : Rp. 1.155.000,00


Keuntungan bersih : Rp 1.700.000,00 – Rp. 1.155.000,00 = Rp. 545.000,00


Proses produksinya tergolong masih sederhana dan murah, bahan bakunya juga mudah di dapat, yaitu lembaran kulit (1pit = 27cm). Untuk pembuatannya sendiri hanya menggunakan peralatan sederhana seperti mesin jahit sepatu, cetakan sepatu, jarum jahit sepatu, paku sepatu, palu, lem, latek, cat sepatu, benang jahit, gunting, amplas, kertas pola, pensil 2B, serta badogan atau kaki tiga (alas untuk menempa sepatu saat di lem/dipaku).Sebagai langkah awal Anda bisa memasarkan produk Anda dengan cara mulut ke mulut, atau dengan cara online.

Jika Anda masih terbentur masalah modal untuk memulai usaha, anda bisa menjadi seorang reseller atau agen terlebih dahulu. Keuntungannya banyak tentu saja, diantaranya :

· Anda Tidak perlu memikirkan masalah produksi/pegawai/tenaga kerja,bahan baku dan lain2.anda hanya cukup memikirkan masalah promosi dan cara memperluas produk yang anda tawarkan.

· Sebagai langkah awal jika anda berniat kedepannya membuka usaha produksi sepatu, missal dengan merk anda sendiri dan design anda sendiri. Dengan menjadi reseller/agen terlebih dahulu, anda bisa memperoleh pengetahuan terlebih dahulu mengenai detail sepatu/model, bertanya kepada produsen mengenai sepatu lebih detail sebelum anda memutuskan menajdi seorang produsen sendiri.

· Keuntungan bisa anda tentukan sesuai tingkatan pasar yang anda bidik disamping hal ini juga mendidika anda mengenai perencanaan harga nda produksi jika anda kedepannya memutuskan menjadi produsen sepatu.


Anda bisa memulainya disini di deniteashop dan pondoksepatu sepatu, dimana untuk menjadi seorang reseller/agen kami tidak memerlukan persyaratan yang susah. Dengan hanya bermodal katalog baik itu photo maupun buku katalog beserta daftar harganya, anda bisa memiliki bisnis sendiri, dengan harga yang anda bisa tentukan sendiri.Dengan lebih dari 5000 item produk,terdiri dari SEPATU/SANDAL/PRODUK FASHION LAINNYA, anda bisa memiliki kebebasan untuk memasarkan produk kami sesuai pangsa pasar yang anda bidik.

Ayo mulailah segala sesuatunya dari sekarang, sebelum pasar anda diambil orang lain.

Bisnis angkringan masih nangkring
Solo Rasa Angkringan berdiri di Malang, Maret 2010. Lalu sang pendiri, Anton Haekal mulai menawarkan kemitraan usahanya ini pada 2011 lalu. Saat KONTAN mengulas kemitraan angkringan yang diklaim menggabung konsep tradisional dan modern ini pada Maret 2011, Solo Rasa Angkringan baru memiliki dua gerai milik sendiri.

Kala itu, biaya investasi menjadi mitra Solo Rasa Angkringan bervariasi tergantung lokasi. Biaya investasi di Jawa Timur Rp 9 juta, Jawa Tengah Rp 19 juta, Jawa Barat Rp 25 juta, dan luar Jawa Rp 35 juta. Dengan omzet Rp 9 juta-Rp 15 juta per bulan, mitra diprediksi bisa balik modal sekitar enam bulan hingga setahun.
Medio 2012 ini, Solo Rasa Angkringan telah mengalami beberapa perubahan. Kata Anton, sampai saat ini ia telah menggaet dua mitra, yakni di Malang dan Bandung. “Khusus mitra di Bandung kami menggabungkan konsep kafe dan angkringan sekaligus,” katanya.

Sedangkan untuk paket investasi, belum ada perubahan. Bahkan, Anton membuat terobosan dengan memberlakukan investasi fleksibel alias menyesuaikan bujet mitra. Model ini efektif untuk mengangkat pamor angkringan miliknya.
Ia bilang, kini keempat gerai angkringan, baik miliknya pribadi dan milik mitra, dapat meraup omzet Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per hari. “Perhitungannya jika dikonsep lebih modern dan lengkap, balik modalnya sekitar setahun dengan laba 30 %,” tuturnya.

Demi memikat banyak mitra, kini Anton menghilangkan Royalty fee sebesar Rp 150.000 per bulan atau Rp 9 juta untuk lima tahun. Selain itu, ia pun memberikan kesempatan bagi mitra untuk menjadi investor dengan sistem pengelolaan penuh dijalankan oleh pusat. “Kami berlakukan bagi hasil untuk gerai under management yakni 60% pusat, 40% mitra,” jelasnya.

Inovasi menu pun dihadirkan Anton dengan menambah beberapa menu lain seperti nasi gudeg dan ceker setan atau ceker rasa pedas. Ia bilang harga makanan di angkringan ini bervariasi dari mulai Rp 1.000-Rp 4.000 per porsi.

Artikel Bisnis :Peluang Bisnis Jamur Crispy


jamur_crispy
 

Bisnis camilan berbahan baku jamur belum surut. Lantaran pasarnya masih menjanjikan, banyak pemain bisnis ini yang menawarkan waralaba atau kemitraan. Salah satunya adalah Agung Nugroho yang mengusung bendera usaha P15 di Yogyakarta.

Ia menawarkan kemitraan sejak sejak bulan Juli 2009, tak lama setelah usahanya berdiri pada bulan Juli 2009.  Saat ini, P15 telah  memiliki 20 gerai yang seluruhnya dimiliki mitra. Gerai mitra itu tersebar di Yogyakarta, Solo, Jember, dan Bengkulu.

P15 menyediakan menu olahan jamur crispy dengan sembilan pilihan rasa. Di antaranya ada rasa original, keju, barbeque, balado, sate panggang, ayam bakar, dan jagung pedas. Jamur crispy olahan Agung ini dibanderol Rp 5.000 per porsi.

Ia mengklaim, olahan jamurnya menyehatkan karena tidak memakai vetsin atau bahan kimia lain. "Jamur crispy kami dijamin original," ujarnya. Dalam kerjasama kemitraan ini, ia menawarkan paket investasi sebesar Rp 5,5 juta.

Mitra akan memperoleh kerja sama selama dua tahun, booth, dan peralatan masak. Bila masa kerja sama habis, mitra bisa memperpanjang hanya dengan membayar Rp 700.000.

Agung menargetkan, mitra usaha nya bisa meraup omzet minimal Rp 4,5 juta per bulan. Dengan asumsi, dalam sehari mitra bisa menjual 20 hingga 40 porsi  jamur crispy. Dengan laba bersih 30% hingga 40% dari omzet, mitra diperkirakan bisa balik modal dalam waktu enam hingga 12 bulan.

Selain paket Rp 5,5 juta, ia juga menawarkan paket master franchise , dengan biaya investasi mulai Rp 15 juta, Rp 20 juta, dan Rp 25 juta. " semakin mahal harga master ftancise maka semakin banyak fasilitas yang didapat," jelasAgung. Master franchise ini akan membawahi seluruh gerai yang berada di wilayah operasinya.

Jadi nanti, mitra di wilayahnya akan membeli bahan baku tepung crispy ke master franchise. Jika belum ada master franchise di wilayah itu, mitra wajib membeli langsung ke kantor pusat.

BAB 17 Memahami Informasi Keuangan dan Akutansi


PENTINGNYA INFORMASI AKUNTANSI

Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan dan penginterpretasikan segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dari pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

AREA AKUNTANSI

Akuntansi Manajerial adalah informasi dan analisis bagi para manajer di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan. Certified 

Akutansi Manajemen adalah seorang profesional akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian klasifikasi di bidang tersebut, dan telah disertifikasi oleh institute of certified management accountants.

Akuntansi Keuangan adalah informasi dan analisis akuntansi yang ditujukan bagi pihak-pihak di luar organisasi. Laporan tahunan adalah suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kinerja, dan harapan - harapan organisasi.  

Akuntan swasta adalah seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen, pemerintahan, atau organisasi nirlaba tertentu. Akuntan Publik adalah seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi. Certified public accountant adalah seorang akuntan yang telah lulus serangkaian ujian yang diselenggarakan oleh American Institute of Certified Public Accountants.

Auditing adalah tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Certified internal auditor adalah seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus suatu ujian yang diselenggarakan oleh institute of internal auditors.

Akuntansi Pajak adalah seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan tanggung jawab untuk mempersiapkan SPT pajak atau mengembangkan strategi pajak.

Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba adalah sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak berorientasi laba tetapi melayani ratepayers, pembayaran pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

SIKLUS AKUNTANSI
 

Siklus akuntansi adalah prosedur enam langkah yang timbul di dalam penyusunan dan analisis laporan keuangan utama. Pembukuan adalah pencatatan transaksi bisnis. Jurnal adalah buku pencatatan atau program komputer berisi data akuntansi pertama kali dimasukkan. Pembukuan ganda adalah konsep pencatatan setiap bisnis transaksi dalam dua tempat. Buku besar adalah buku akuntansi khusus atau program komputer yang berisi informasi dari jurnal akuntansi diakumulasikan ke dalam kategori tertentu dan diposting, sehingga manajer dapat menemukan semua informasi mengenai satu akun dib tempat yang sama. Neraca saldo adalah sebuah rincian semua data untuk menunjukan apakah angka-angka tersebut benar dan seimbang.

MEMAHAMI LAPORAN KEUANGAN UTAMA
 

Laporan keuangan adalah rangkuman semua transaksi yang terjadi selama satu periode tertentu.

PERSAMAAN AKUNTANSI DASAR

Persamaan akuntansi dasar adalah asset = kewajiban + ekuitas pemilik; hal ini merupakan dasar bagi neraca.

NERACA
Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukan kondisi keuangan perusahaan pada satu waktu tertentu.


PENGGOLONGAN ASET
Aset adalah sumber daya ekonomis (barang bernilai) yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Likuiditas adalah seberapa cepat suatu aset dapat dikonversi menjadi kas. Aset lancar adalah barang yang dapat atau akan dikonversi manjadi kas dalam kurun waktu satu tahun. Aset tetap adalah asset yang relative permanen, seperti tanah, gedung, dan peralatan. Aset tak berwujud adalah asset jangka panjang yang tidak memiliki bentuk fisik, tetapi memiliki nilai.


AKUN KEWAJIBAN DAN EKUITAS PEMILIK
Kewajiban adalah utang bisnis kepada pihak lain. Utang usaha adalah kewajiban lancar yang melibatkan utang kepada pihak lain untuk barang atau jasa yang dibeli secara kredit, namun bekum dilunasi. Wesel bayar adalah kewajiban jangka pendek atau jangka panjang di mana suatu bisnis berjanji akan melunasinya pada waktu tertentu. Utang obligasi adalah kewajiban jangka panjang yang mencerminkan uang yang dipinjamkan ke perusahaan yang harus dibayar kembali. Ekuitas pemilik adalah jumlah dari aset bisnis yang dimiliki pemiliknya dikurangi segala kewajiban yang harus dilunasi bisnis. Saldo laba adalah akumulasi perolehan laba dari oprasional perusahaan yang menguntungkan yang dipertahankan di dalam bisnis dan tidak dibayarkan kapada pemegang saham dalam bentuk deviden.


LAPORAN LABA RUGI
Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukan laba perusahaan setelah biaya, beban, dan pajak; laporan ini meringkas semua sumber daya yang masuk ke perusahaan (pendapatan), semua sumber daya yang digunakan, dan hasil laba bersih. Laba bersih atau rugi bersih adalah pendapatan yang tersisa setelah semua biaya dan beban, termasuk pajak dibayarkan.


PENDAPATAN
Pendapatan adalah nilai yang diterima untuk barang yang terjual, jasa yang disediakan, dan sumber keuangan lainnya.


HARGA POKOK PENJUALAN
Harga pokok penjualan adalah pengukuran biaya persediaan terjual atau biaya bahan baku dan pasokan yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual lagi. Laba kotor adalah seberapa besar yang diperoleh suatu perusahaan dengan membeli (atau membuat) dan menjual barang.


BEBAN OPERASIONAL
Beban operasional adalah biaya yang terlibat di dalam operasional suatu bisnis, mencakup sewa, utilitas, dan gaji. Penyusutan adalah penghapusan sistematis biaya aset berwujud atas perkiraan masa manfaatnya.


LAPORAN ARUS KAS
Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menunjukan penerimaan dan pengeluaran kas terkait dengan tiga aktivitas utama perusahaan: operasional, investasi, dan pendanaan.

Bab 16 Menggunakan Teknik-Teknik Promosi yang Efektif

Promosi adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran. Bauran promosi adalah Kombinasi alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi. Komunikasi pemasaran terpadu adalah mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Iklan : Pertempuran Untuk Menjaga Minat Konsumen
Iklan adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi dalam pesan.  

Penempatan produk adalah memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan dilihat.
Berbagai jenis iklan yang digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda. Kategori-kategori utamanya antara lain:

*    Iklan ritel
*    Iklan perdagangan
*    Iklan bisnis ke bisnis
*    Iklan institusi
*    Iklan produk
*    Iklan advokasi
*    Iklan komparatif
*    Iklan interaktif
*    Iklan online

MENINGKATNYA PENGGUNAAN INFOMERSIAL

Infomersial adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa. Infomersial sukses karena mereka menunjukkan produk dengan sangat detail.

Penjualan : Memberikan Atensi Personal

Penjualan pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. Ini berarti mencari prospek-prospek baru dan melanjutkan layanan setelah terjadi penjualan. Penjualan efektif tidak sekadar membujuk orang lain untuk membeli. Kenyataanya, saat ini, penjualan personal lebih tepat dideskripsikan sebagai membantu orang lain memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Langkah-langkah dalam Proses Penjulan :
1.    Prospek dan kualifikasi
2.    Pra-pendekatan
3.    Pendekatan
4.    Melakukan presentasi
5.    Menjawab keberatan
6.    Menutup penjualan
7.    Tindak lanjut

Promosi Penjualan : Mendapatkan Penawaran yang Baik

Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas jangka pendek.
Sampling adalah suatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of mouth (promosi mulut ke mulut) adalah suatu alat promosi yang melibatkan orang-orang dengan memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs web tertentu.
Blog adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbaruhi dengan cara memposting teks, foto-foto, atau links ke situs lainnya.
Podcasting adalah satu sarana untuk mendistribusikan program-progam audio dan video melalui internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan istilah feeds dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada waktu yang mereka pilih.

STRATEGI-STRATEGI PROMOSI

1.      Push strategy adalah strategi promosi oleh produsen menggunakan iklan, penjualan personal, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
2.      Pull strategy adalah strategi promosi dimana usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditunjukkan pada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.